Rabu, 25 Agustus 2010

JOY DIVISION

Joy Division adalah sebuah band rock Inggris dibentuk pada tahun 1976 di Salford, Greater Manchester. Awalnya bernama Warsawa, band ini terdiri dari Ian Curtis (vokal dan gitar), Bernard Sumner (gitar dan keyboard), Peter Hook (bass gitar dan backing vokal) dan Stephen Morris (drum dan perkusi)
Joy Division cepat berkembang dari punk rock awal mereka untuk mengembangkan pengaruh suara dan gaya yang memelopori gerakan post-punk dari akhir 1970-an.Menurut kritikus musik Jon Savage, Joy Division bukan punk tetapi langsung terinspirasi oleh energi punk". Mereka merilis debut EP 1978, An Ideal for living, dan menarik perhatian pemilik televisi Manchester Tony Wilson. album debut Joy Division's, Unknown Pleasures, dirilis pada tahun 1979 pada label independen Factory Records yang merupakan label Wilson, dan menarik pujian kritis dari pers Inggris. Meskipun band ini sukses berkembang, vokalis Ian Curtis dilanda depresi dan kesulitan pribadi, termasuk pernikahan larut dan diagnosis dengan epilepsi. Curtis merasa semakin sulit untuk tampil di konser, dan sering kejang selama pertunjukan.
Pada malam tur Amerika pertama mereka pada Mei 1980, Curtis, kewalahan dengan depresi, bunuh diri. joy division tetap merilis album kedua Closer (1980), dan single "Love Will Tear Us Apart" menjadi rilis chart tertinggi band ini. Setelah kematian Curtis, anggota yang tersisa reformasi sebagai new order, mencapai kesuksesan besar dan komersil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar