Rabu, 21 April 2010

ETIKA PROFESI (TUGAS 2)

1. Jelaskan yang dimaksud dengan dilemma moral, beri contoh dalam kejadian
dalam kehidupan sehari-hari.

Dilema moral adalah keadaan dimana seseorang dihadapkan pada beberapa kewajiban atau pilihan yang harus dipilih untuk dilakukan. Misalkan seorang mahasiswa yang dihadapkan pada tugas untuk mempersiapkan tugasnya sebagai pemegang modul praktikum yang akan segera berlangsung. Sementara itu, orang tersebut juga harus segera menyelesaikan kuliahnya, yaitu menghadapi siding skripsi dalam waktu yang cukup dekat dengan tugasnya di praktikum. Jadi konsentrasi dia terbagi menjadi dua. Namun, sebaiknya orang tersebut dapat mengatur waktu dan pikiran agar kedua pekerjaan tersebut selesai dengan baik.

2. Jelaskan paham kantianisme dan berikan contohnya!

Kantianisme adalah paham dimana setiap kita mengambil keputusan, kita harus membayang kan bagaimana bila kita adalah pihak yang dirugikan. Paha mini menjelaskan bahwa bila memang harus dilakukan sebuah tindakan, maka tindakan itu dilakukan tanpa memperhatikan kepentingan orang lain.
http://external.ak.fbcdn.net/safe_image.php?d=6bfe01d43443e6bf403eb2565721c04d&url=http%3A%2F%2Fyog1e.wordpress.com%2Fwp-includes%2Fjs%2Ftinymce%2Fplugins%2Fwordpress%2Fimg%2Ftrans.gif

3. Paham utilitariansme banyak dianut oleh para profesional di bidang
keteknikan. Jelaskan alasannya!

Paham ini mejelaskan bahwa setiap keputusan diambil untuk sebanyak-banyaknya kesenangan banyak orang. Jelas sekali bahwa paham ini sangat baik utuk diambil oleh para professional karena paham ini memberikan manfaat yang lebih baik untuk pekerjaannya. Paha mini memberikan beberapa pertimbangan pada sebuah keputusan yang harus diambil. Tentunya pilihan yang lebih bermanfaat akan diambil oleh sang professional.

1 komentar: